Mengenal dan Memilih Produk Pembersih Wajah

Merawat kulit wajah sangatlah penting. Untuk itu kita wajib mengetahui bagaimana merawat kulit wajah dengan baik dan benar, sebelumnya kita perhatikan berbagai jenis pembersih wajah :
1. Pembersih (Cleanser)
Pada dasarnya fungsi pembersih adalah untuk membersihkan wajah dari kotoran yang menempel di wajah kita. Namun, pembersih ini sendiri ada beberapa macam :
0001
Sabun
Cleanser yang termasuk kategori ini biasanya diberi nama antara lain Foaming Cleanser, Washing Gel, Face Wash, Face Cleanser. Penggunaan Cleanser jenis ini adalah dengan menggunakan air, yaitu dengan mencampur Cleanser dengan sedikit air dan kemudian dipijatkan pada wajah hingga busanya mengangkat kotoran pada wajah dan setelah selesai dibilas dengan air. Cleanser jenis ini cocok untuk digunakan pada jenis kulit kombinasi dan berminyak.
Susu Pembersih
Cleanser jenis ini tidak digunakan bersama dengan air, melainkan dioleskan ke wajah dengan menggunakan kapas, sebelum kemudian dibersihkan dengan memakai toner. Cleanser ini biasa disebut dengan Cleansing Milk atau Milk Cleanser. Cleanser jenis ini cocok untuk digunakan pada jenis kulit kering dan normal.
2 in 1 Cleanser
Sesuai namanya, Cleanser ini menyatukan 2 tahap pembersihan ke dalam 1 produk, yaitu Cleanser itu sendiri dan Toner. Cleanser ini biasa digunakan oleh mereka yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk membersihkan wajah. Penggunaan cleanser ini dengan menggunakan kapas, kemudian wajah dibilas dengan air.
3 in 1 Cleanser (All in 1 Cleanser)
Agar lebih praktis lagi, terciptalah 3 in 1 (All in 1) Cleanser yang bukan hanya perpaduan cleanser dan toner, namun juga make up remover, dalam 1 produk. 3 in 1 cleanser lebih praktis lagi dibanding 2 in 1 Cleanser, yang tentu saja banyak pula digunakan oleh mereka yang sibuk dan cenderung tidak banyak waktu untuk membersihkan wajah. Cara pemakaian Cleanser ini sama dengan 2 in 1 Cleanser, yaitu diaplikasikan ke wajah dengan menggunakan kapas dan kemudian wajah dibilas dengan air hingga bersih.

00022. Toner
Toner yang digunakan setelah Cleanser berfungsi untuk menutup pori-pori wajah yang terbuka pada saat dilakukan pembersihan. Pada dasarnya, semua toner sama fungsinya bagi semua jenis kulit, namun yang membedakan adalah bentuknya yaitu ada yang berupa gel (biasa disebut Toning Gel) dan air (sering disebut Toning Water). Toner ini biasanya tersedia satu paket dengan Cleanser (kecuali untuk Cleanser 2 in 1 atau 3 in 1 atau All in 1).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s